Tips aman di dunia maya

Dunia maya.....

Mungkin telah menjadi dunia kehidupan kita yang kedua.......

Iya kan?....

Dunia maya
Inilah dunia maya..... yang semakin hari semakin nyata
via : www.manfaat.co.id


Di zaman sekarang ini, internet adalah hal yang sangat penting bagi kita. Di dalam dunia internet ini, dikenal dengan yang namanya dunia maya. Hampir setiap orang di dunia ini juga memiliki kehidupan lain di dunia maya ini.

Dari mulai media sosial,  chatting, website, dan masih banyak lagi. Tentunya, dalam dunia maya ini kita juga memiliki data diri kan. Pasti setiap daftar medsos kita harus ngisi aktenya, sama dengan jika kita lahir bukan.......

Hanya mungkin bedanya akte medsos nggak ada tanda tangan dispenduk.

mungkin lain kali kalau kalian buat program aplikasi medsos. Pendaftarnya bisa tuh dikasih persyaratan, misal fotocopy KK, surat keterangan RT, yah biar lebih pasti lah..... wkwkwk

Kembali ke laptop

Data diri kita di dunia maya bisa kita atur sesuai keinginan kita kan. Dari mungkin username, password, tanggal lahir, dan lainnya. 

Namun....

Seringkali terdapat pihak-pihak yang berusaha mencari data kita untuk kepentingan mereka pribadi atau..... golongan, ya tapi golongan mereka, kita tidak termasuk

Merekalah yang biasa kita kenal dengan istilah hacker. Hacker ini berusaha menembus keamanan dan berusaha mencari identitas dan data kita. Bahaya bukan....

YA IYALAH

Misal kita punya akun yang disitu harus memasukkan id dan password akun paypal misal. Lalu hacker berhasil menembus keamanan sistem itu dan akhirnya mereka dapat mengetahui id dan password kita. Ya habis saldo kita di paypal dikuras mereka. Dan kita hanya bisa....

Menangis....

hacker patut diwaspadai
via : www.fthmb.tqn.com


Itu masih satu akun loo, belum yang lainnya. Bisa jadi juga hacker ambil id dan password fb kita terus lihat akun mantan kita. Apalagi kalau si hackernya usil, bisa jadi mantan dimassage pake akun kita. Lalu kita di SMS mantan marah-marah padahal kita gak ngapa-ngapain, di situ kita hanya bisa...

Menangis lagi..... tapi lebih keras

Tips mengamankan data dunia maya

Jadi kita harus menjaga keamanan data-data kita di dunia maya yang rentan ini. Mungkin dari pihak-pihak yang berusaha mengambil keuntungan dari kita. Ini dia telah saya siapkan tips-tips dari saya untuk mengamankan data dari dunia maya kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Lebih baik gunakan username dan password yang berbeda di setiap akun.

Mungkin beberapa dari kalian berpikir, jika setiap akun berbeda, pasti kan lebih sulit untuk ingatnya....

Mungkin kalian juga bertanya, "Apa nggak malah semakin sulit kalau gitu?"

Dan jawaban dari saya adalah....

IYA, MEMANG
Memang saya akui cara ini sulit untuk dilakukan, terlebih bagi kalian yang sulit mengingat-ingat. Tapi saya akan sedikit beri gambaran, seperti ini.....

Misal kita punya akun fb, dengan email:sayangkamu@gmail.com, lalu passwordnya:chayankkamu. Lalu kita juga punya akun twitter dengan email yang sama. Bayangakan.... jika misal id dan password fb kita telah berhasil didapatkan oleh para hacker. Lalu mereka buka fb kita, lalu mereka langsung logout, karena melihat foto-foto alay kita.

Namun, hacker itu juga menerapkan id dan password yang sama pada twitter, dan hasilnya.....

Mereka berhasil

Karena id dan password kita sama dengan fb. Mereka jadi tidak membuang banyak waktu lagi untuk mencari id pass twitter kita. Kita juga rugi 3 kali.

Akun fb kecolongan
Akun twitter kecolongan, dan....
Foto dan status alay kita ketahuan...

Malu deh....wkwkwkwkwk

Coba jika kita menggunakan id dan password yang berbeda. Pasti twitter kita tidak kena kan. Jadi satu yang kena hack tapi yang lain masih aman.

Jadi, tips ini memang lebih sulit untuk dilakukan, tapi lebih aman. Jadi, lebih milih mana, sulit tapi aman, atau mudah tapi rawan. Mungkin, untuk lebih mudah mengingat, kita catat seluruh data akun kita dalam bentuk catatan kecil, mungkin bisa di HP.

Tapi kalau, HP nya hilang gimana, ya kita cuma bisa....

Menangis......... tapi yang ini mungkin lebih pelan, karena malu sama tetangga udah nangis 2 kali tadi, wkwkwkwk

2. Gunakan password yang unik dan jangan terlalu pendek

Penggunaan password juga merupakan hal yang diperhatikan untuk mengamankan data kita. Mungkin ada orang yang memilih password yang pendek dan mudah diingat, contohnya mungkin angka 1-10.

Hal ini pasti akan memudahkan seseorang untuk menembus dan memakai akun kita, karena password kita sangatlah mudah. Jadi, lebih baik gunakanlah password yang unik, dan mungkin hanya kalian sendiri yang tahu, akan hal itu. Cari password yang sulit untuk diingat orang lain. Lebih rumit lebih baik. 

Dan saran saya juga, lebih baik gunakan password dengan kombinasi huruf dan angka. Karena hal itu akan lebih mudah ditebak dan dibobol. Mungkin password yang akan sulit untuk dibobol adalah......

4ku1moetch4yankc3kalic4makamyu
Boleh tuh dipakai, dijamin si Hacker bakal gak bisa nebak. Bacanya aja udah buat mata mau copot rasanya......wkwkwk

Jangan pakai password bintang-bintang kaya gini ya
via : www.superfast-it.com


3. Jangan mengumbar terlalu banyak di dunia maya

Mengumbar di sini jangan hanya berpikir yang negatif. Maksud saya di sini, janganlah terlalu banyak mengumbar dunia asli kamu di dunia maya. Lebih-lebih malah memindahkan dunia asli ke dunia maya, gimana tuh......

Jangan samakan dengan dunia asli dengan dunia maya. Keduanya sungguh berbeda 180 derajat. Terlebih memposting data-data penting kita. Seperti akte, Kartu keluarga, dan lainnya. Kalo gini mah, bukan hacker lagi masalahnya. Bisa jadi terjadi hal-hal yang lebih tidak diingankan lagi.

Jadi bedakan kedua dunia itu. Gunakan dunia maya itu seperlunya. Janganlah berlebihan, dan jangan kurang, ntar dikira gaptek lagi, jadi yang sedang saja. Agar kehidupan kita yang sesungguhnya tidak terganggu.

4. Lebih berhati-hati jika berteman di Medsos, terlebih orang yang tak kita kenal di dunia asli

Jika tiga cara di atas adalah cara yang kita gunakan secara teknik. Cara ketiga ini lebih pada sikap kita. Dalam kehidupan maya, dunia akan lebih sempit. Jarak antar ruang di dunia akan semakin tertutup dengan perkembangan ini.

Namun ingat....

Di dalam dunia maya ini berbeda dengan dunia kita pada aslinya. Bisa jadi data-data yang ada di akun mereka berbeda dengan aslinya. Karena kita tidak pernah tahu kan. Terlebih, jika orang tersebut belum kita kenal sebelumnya.

Kita harus lebih berhati-hati dalam pertemanan maya kita. Aman jika kita mengenal orang tersebut secara langsung di dunia nyata. Namun, berhati-hatilah jika berhubungan dengan orang baru. Karena kita belum pernah tahu kan, seluk beluknya.

Contoh:

Misalnya nih, bisa saja Nama akunnya Karlina(yang punya nama Karlina jangan tersinggung ya........ peace....)

Fotonya cantik-cantik. Membuat yang melihat merasakan indahnya dunia. 

Tapi, siapa yang tahu....

Melihat dari akun tersebut, ternyata orang aslinya sangatlah berbeda. Ia adalah seorang hacker. Yang berusaha berteman denganmu untuk berusaha mengambil datamu.

Sangat mengejutkan bukan........

Pasti kalian kaum adam akan berpikir "Cantik-cantik ternyata akunnya palsu, tapi gapapalah save"....wkwkwkwk, iya kan...

Karena itu kita harus lebih hati-hati. Bahkan mungkin kita harus ekstra waspada, ekstra hati-hati, dan ekstra yang lain. Karena yang ada di dunia maya hanyalah sebuah avatar kita. Dunia itu bisa jadi lebih kejam dari dunia asli kita.

Jadi...........
Jadi..... jadinya gimana?.....

Mau menggunakan dunia maya dengan bagaimana?

Itu semua terserah dan kembali pada diri kalian. Dan di atas adalah tips dari saya yang mungkin dapat sedikit membantu sobat untuk mengamankan data dunia maya sobat. Semoga dengan membaca tips tersebut, kalian dapat terbantu. Walaupun mungkin tidak seberapa.



Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari Tekno Terus.Gratis!

1 Response to "Tips aman di dunia maya"

  1. Wah harus berhati" nih... Makasih penjelasannya gan.
    Kunjungi juga blog saya di http://www.nadaprodjek.tk ya...

    BalasHapus