4 alasan malas ngeblog dan solusinya

Blog adalah seperti buku catatan online, yang dapat kita isi sesuai keinginan untuk berbagi dengan orang lain. Bagi sebagian orang, ngeblog ini telah menjadi hobi.

Termasuk saya.

Ngeblog sambil ngopi enak tuh.....
via : www.cdn2.hubspot.net


Ngeblog ini bagaikan candu yang akan terus menerus memberikan efek ketergantungan bagi para blogger. Sekali post konten, pasti ingin lebih banyak berbagi lagi dengan pembaca.

Bisa jadi...

Buat curhat juga

Tapi mungkin, dibalik semangat ngeblog itu, seringkali timbul rasa malas juga. Hal ini juga umum dirasakan oleh para blogger.

Ya...

Termasuk saya juga

Malas ini seringkali timbul sebagai penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Bahkan terkadang, semakin parah dan parah, sampai mencapai stadium akhir. Hingga akhirnya, sampai ada yang berhenti ngeblog. Sayang banget kan.

Jadi, jangan sampai malas itu hinggap dan bersarang di pikiran kita.

Apalagi sampai bertelur.

Karena itu, kali ini saya akan berbagi mengenai pengalaman saya. Yaitu alasan-alasan malas ngeblog, dan solusi yang biasa saya lakukan untuk menepis rasa malas itu.

Baca juga : 4 tips membeli barang di toko online agar belanjamu aman

Apa saja faktor yang membuat malas ngeblog

Ini murni dari pengalaman saya. Dan mungkin juga sobat rasakan bagi yang blogger juga. Ini dia diantaranya.

Malas ngeblog
via : www.inspirasi.co


1. Tak kunjung dapat ide untuk konten

Ini adalah persoalan utama yang terjadi pada saya yang membuat saya menjadi malas ngeblog. Memang, konten adalah senjata utama bagi suatu blog. Konten lah yang paling berpengaruh tentang blog kita.

Namun, seringkali....

Kita mulai kehabisan ide, mengenai apakah materi konten yang akan kita publish di blog. Saat para blogger lain berusaha mempromosikan artikel mereka, sedangkan kita masih duduk di depan laptop tanpa tahu harus menulis apa.

Rasanya pikiran kita kosong, tak ada ide-ide yang masuk. Sekalipun ada ide yang masuk itu adalah ide untuk...

COPAS BLOG ORANG LAIN

Tapi itu jangan dilakukan. Karena kita tak menghargai karya orang lain. Apalagi copas tanpa mencantumkan sumber. Wah.... kalau ketahuan bisa berabe.

Bayangkan kalau blog sobat yang dicopas orang lain, gimana perasaan sobat, marah kan. Kecuali blog sobat isinya....

COPAS JUGA DARI BLOG LAIN

Mungkin sobat santai aja.

2. Visitor tak kunjung naik.

Ini juga yang membuat saya malas untuk ngeblog. Saat visitor tak kunjung naik juga. Rasanya sia-sia waktu yang dihabiskan untuk menulis artikel dan dibagikan ke orang lain. Kalau blog kita yang baca juga cuma itu-itu aja.

Hal inilah yang sering terjadi pada seseorang yang baru berkecimpung di dunia ngeblog. Mereka yang baru hitungan bulan ngeblog pasti awalnya merasakan hal ini. Sehingga mereka meninggalkan dunia blogging karena alasan ini.

Padahal....

Memang ngeblog hanya satu kata kunci. Yakni konsisten. Karena, ngeblog juga tidak dapat instan dan membutuhkan proses yang tidak hanya hitungan minggu saja.

Masak baru kemarin ngeblog, terus besoknya nggak ngeblog lagi karena nggak ada visitor. Kalo gini mah, keterlaluan.....wkwkwk

3. Blog tidak mendapat page one di search engine

Mungkin sobat para blogger mengenal istilah apa itu SEO. SEO adalah cara yang digunakan agar konten blog kita dapat bertengger di tingkat atas search engine tertentu dalam keywoard tertentu juga.

Pernah kan, kita udah mengoptimalkan SEO blog kita. Nulis artikel juga dengan memperhatikan SEO. Pokonya blog jadi full SEO lah. Seluruh teknik SEO dilakukan. Eh...

Ternyata waktu publish konten kita nggak ada di page one. Malah blog kita kena pinalti soalnya menerapkan SEO black hat.

Niatnya sih pingin di puncak tapi hasilnya....

Malah begini..... kena pinalti

Nasib.... nasib.....

4. Ngeblog tak kunjung mendapatkan hasil

Ini nih yang juga dipirkan para blogger yang ngeblog cuma buat memetik hasilnya alias....

Mencari uang.....

Blog yang tak kunjung menghasilkan ini juga dapat membuat malas looo. Banyak kan dari para sobat blogger yang ditolak mulu ama adsense. Atau mungkin yang udah diterima tapi, click iklannya masih dikit.

Karena itu, sobat yang terburu-buru untuk mendaftarkan adsense tanpa berpikir panjang, jika ditolak, pasti akan semakin malas untuk ngeblog. Jika satu dua kali sih masih bisa dimaklumi. Tapi kalo udah ditolak berkali kali mah, rasanya pingin gak ngeblog lagi.

Karena rasanya ditolak adsense itu hampir sama kaya ditolak cewe.........

(Malah curhat)

Baca juga : Tips aman dunia maya

Solusi mengatasi malas ngeblog

Sebenarnya ada beberapa solusi yang biasa saya lakukan untuk mengatasi masalah malas ngeblog tersebut. Diantaranya yakni:

1. Tinggalkan sejenak laptop anda, mulailah keluar untuk mencari kuliner atau sekedar mencari udara segar. Biasanya ide akan lebih mudah tergali.

2. Banyak membaca blog lain atau membaca buku, agar mendapat banyak refrensi ide.

3. Bawalah catatan kecil saat bepergian, jangan biarkan ide yang terlintas dilewatkan begitu saja. Karena nanti pasti dibutuhkan.

4. Konsisten untuk membuat konten yang menarik dan mempromosikan konten sesuai target.

5. Jangan terlalu terburu-buru untuk memonetisasi blog. Lebih baik ngeblog dengan tujuan berbagi ilmu dengan sesama.

6. Menjalin komunikasi yang baik sesama blogger.


Cari udara segar biar ide ngalir
via : www.boombastis.com

Baca juga : Mungkinkah upgrade pada smartphone

Jadi.....

Jangan gunakan beberapa alasan malas ngeblog di atas untuk menelantarkan dan membiarkan laba-laba bersarang di blog sobat.

Teruslah berkarya dan pantang menyerah. Karena....
Hasil tak akan mengkhianati usaha
Jadi, jika kau tak berhasil, berarti usahamu kurang 

Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari Tekno Terus.Gratis!

4 Responses to "4 alasan malas ngeblog dan solusinya"

  1. Mengatasi malas ngeblog memang sulit gan, malas ngeblog yang saya hadapi adalah karena visitors tidak kunjung naik, membuat saya malas lagi untuk ngeblog, Mungkin karena artikel saya kurang SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting kita harus tetap optimis dan tetap konsisten. Semangat gan.........

      Hapus
  2. Wah bener tuh, ane sering banget ngerasa males karena visitor masih stag. Dan penghasilan tk kunjung ada

    BalasHapus
  3. wuih bener banget nih bisa menginspirasi saya dalam membuat content yang berkualitas, dan tidak lagi bermalas-malasan dalam membuat artikel :)

    BalasHapus